Rekomendasi Destinasi Study Tour di Jogja: Menikmati Wisata Alam Sekaligus Wisata Edukasi

Yogyakarta sebagai kota pelajar sangat cocok dijadikan tujuan wisata edukasi, ada berbagai macam destinasi yang menyuguhkan pemandangan indah sekaligus memiliki wisata edukasi yang dapat memberikan pengalaman berharga bagi pelajar. Oleh karena itu Jogjakarta merupakan pilihan yang tepat untuk kegiatan study tour. Berikut beberapa rekomendasi destinasi study tour yang dapat dikunjungi:

1. VW Tour Borobudur 

Mengexplore destinasi wisata di daerah Borobudur dengan VW, siswa dapat mengunjungi Candi Mendut serta dapat belajar tentang kehidupan masyarakat Jawa yang tradisional seperti belajar secara langsung di industri madu, industri gerabah, dengan pemandangan bukit Menoreh dan bentangan sawah. Wisatawan akan dipandu dan dapat mempraktekkannya secara langsung pada industri yang dikunjungi. Pengalaman ini tidak hanya akan memberikan nuansa unik tetapi juga akan meningkatkan pengalaman perjalanan.

2. Sendratari Ramayana Prambanan

Sendratari Ramayana Prambanan merupakan sebuah pertunjukan yang menggabungkan antara tari dan drama tanpa dialog yang diangkat dari cerita perjalanan Rama menyelamatkan istrinya Sita yang diculik oleh raja Negara Alengka, Rahwana. Cerita Ramayana ini menggabungkan lebih dari 200 penari profesional dan musisi lokal. Sendratari Ramayana ini dipertunjukan di dekat Candi Prambanan sehingga menciptakan pengalaman visual dan artistik yang mendalam bagi penonton.   

3. Offroad Gumuk Pasir 

Offroad gumuk pasir ini menghadirkan rute yang sangat menantang adrenalin, melewati   medan yang naik dan turun dengan kecepatan cukup kencang atau sesekali jeep terjebak di dalam kubangan pasir, tentunya akan menambah keseruan saat fun Offroad di tengah hamparan pasir. Para siswa akan melewati gumuk pasir, Pantai Parangtritis, Pantai Cemoro Sewu, dll.

Siswa juga dapat menikmati pasir pantai dan ombak di sekitarnya. Beberapa gumuk pasir mungkin memiliki nilai budaya tertentu. Beberapa daerah memiliki tradisi atau cerita rakyat yang terkait dengan gumuk pasir, dan para siswa dapat mempelajari aspek-aspek budaya tersebut.   

4. Malioboro

Malioboro merupakan salah satu destinasi yang wajib dikunjungi wisatawan yang berkunjung di Yogyakarta. Walaupun Malioboro sebagai ikon pusat perbelanjaan, siswa juga dapat berkunjung pada tempat bersejarah di sekitar jalan Malioboro, seperti Benteng Vredeburg, Taman Pintar, dan Keraton Yogyakarta. 

Benteng Vredeburg sendiri sebagai saksi bisu peristiwa-peristiwa bersejarah yang terjadi di Yogyakarta semenjak pemerintah Belanda masuk ke Yogyakarta. Selain itu Taman Pintar sebagai tempat wisata sekaligus pengetahuan dengan berbagai permainan kreativitas, teknologi dan penerapannya. Keraton Yogyakarta atau Istana Ngayogyakarta Hadiningrat adalah istana resmi Sultan Yogyakarta. Di sini, peserta bisa belajar tentang sejarah kerajaan, tradisi, dan kehidupan keraton. Selain itu, mereka dapat menyaksikan pertunjukan wayang kulit atau tarian tradisional.

5. Wisata Edukasi Nglanggeran

Desa Nglanggeran merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Patuk, Gunung Kidul, Yogyakarta. Kunjungi desa sekitar untuk memahami kehidupan masyarakat lokal. Pelajari tentang kearifan lokal, budaya, dan tradisi yang masih dijaga dengan baik oleh penduduk setempat.  Selain wisata alamnya yang indah desa ini juga menawarkan desa wisata yang berbasis edukasi dan budaya.

Beberapa wisata edukasi yang dapat dilakukan yaitu Membatik Topeng. Siswa dapat secara langsung mempraktekan membuat topeng batik dengan dipandu secara langsung. Setelah mempraktekkan siswa dapat membawa hasil karya mereka.

Selain pembuatan topeng batik, pembuatan dodol kakao juga bisa menjadi pilihan aktivitas edukasi wisata yang dapat dilakukan di Desa Wisata Nglanggeran. Siswa akan belajar membuat dodol kakao. 

Jika kamu memiliki rencana melakukan study tour untuk sekolah, Tourezia bisa menjadi agen yang tepat untuk mengkonsep study tour sekolah kamu. Tourezia telah menangani berbagai wisata edukasi sekolah, belum lama ini Tourezia bekerjasama dengan SMP Al Azhar 1 Kebayoran Baru untuk menghandle study tour sekolah mereka di Jogja dan tentunya masih banyak lagi sekolah yang pernah kami handle. 

Hubungi Tourezia untuk informasi lebih lanjut

Share: