Kami siap melayani dengan protokol kesehatan

MENGUNJUNGI TAMAN KERATON SAMBIL WISATA SEJARAH DI YOGYAKARTA | TAMAN SARI

MENGUNJUNGI TAMAN KERATON SAMBIL WISATA SEJARAH DI

YOGYAKARTA | TAMAN SARI

Bangunan bersejarah memberikan banyak informasi mengenai kejadian di masa lampau, termasuk diantaranya menanamkan kebanggaan sebagai pewaris dari peradaban agung itu. Sehingga menjadi pembelajaran berarti, bukan saja bagi masyarakat pencinta sejarah, namun juga masyarakat pada umumnya.
Sebagai peninggalan sejarah tentunya harus bisa dimanfaatkan dengan baik. Salah satunya menjadikan Taman Sari sebagai tempat wisata edukasi. Sehingga meskipun kondisinya tidak difungsikan seperti dulu lagi, namun masih tetap mengundang perhatian para wisatawan.
Taman Sari Yogyakarta, merupakan salah satu bangunan milik kesultanan Yogyakarta yang difungsikan sebagai destinasi wisata. Namun selain sebagai destinasi wisata, Taman Sari pada saat tertentu juga masih digunakan sebagai tempat ritual oleh keluarga raja. Taman Sari Yogyakarta juga menonjolkan bagian pemandian, hal tersebut banyak orang memberi julukan Water Castle atau istana air.
Bangunan yang dibangun dengan arsitek seorang kebangsaan portugis berna a Demang Tegis ini dulunya tempat ini tidak hanya menjaditaman istana, tetapi juga difungsikan sebagai benteng pertahanan terakhir.

Kompleks Taman Sari terbagi atas 4 bagian yakni
Terdapat pulo kenongo, pulo cemeti dan sumur Gumuling
Terdapat gedhong gapura hageng, gedhong lopak-lopak (Gopok-gopok), dan umbul Pasiraman (Umbul Binangun), Gedhong sekawan, Gedhong Gapura Panggung, Gedhong Temanten.
Terdapat Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati
Bagian sebelah timur yang memanjang dari Pemandian Umbul Binangun sampai Pasarean Ledok Sari dan Kolam Garjitawati, merupakan danau dengan pulau buatan serta jembatan gantung dan kanal.

Terdapat spot menarik di Taman Sari Jogja dari bangunan-bangunan yang memiliki keunikan tersendiri dan banyak yang mengnggap bangunan bersejarah ini sangat instagramable. Spot menarik tersebut yakni kolam Taman Sari, Gapura Panggung, Gapura Agung, Sumur gamuling, gedung kenongo,

Lokasi
Wisata Taman Sari berlokasi di Jalan Komplek Taman Sari, Kelurahan Patehan, Kecamatan Kraton Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.
Lokasi daya tarik wisata yang masih dalam komplek keraton ini sangat mudah dijangkau. Karena letaknya tidak jauh dari Keraton NgaYogyakarta Hadiningrat yang mana lokasinya berada di pusat kota. Jarak dari keraton hanya 1 km, tepatnya di dekat alun-alun Selatan Yogyakarta.

Rute
Terdapat dua rute untuk mengunjungi Taman Sari:
Dimulai dari Jalan Malioboro Jogja, menuju ke arah selatan melewati Titik Nol Kilometer dan Kantor Pos lalu menuju ke selatan menuju alun-alun Utara Keraton. Kemudian belok kanan menuju Jl Ngasem, lurus saja hingga menemukan Pasar Ngasem, kemudian belok ke kiri menuju Jl Tamanan lalu sekitar 100 m. Jika sudah menemui tembok benteng putih, kemudian bisa langsung menuju pintu masuk Taman Sari
Dari pusat Alun-alun selatan bisa menuju ke arah barat melewati Jl Patehan Lor. Kemudian bisa langsung menemukan Jl Taman, lalu masuk hingga menemui Gerbang Taman Sari Jogjakarta.

Jam buka
Taman Sari buka untuk wisatawan pada pukul 08.00-17.00 WIB.

Harga tiket
Harga tiket untuk wisata Taman Sari ini sangat terjangkau. Hanya membutuhkan biaya masuk sebesar Rp 5.000 untuk wisatawan lokal dan Rp 12.000 untuk wisatawan mancanegara.
Pengunjung bisa menitipkan kendaraan di tempat parkir keraton yang lokasinya di sebelah timur Alun-alun. Kemudian pengunjung bisa naik becak dengan tarif Rp 10.000 sampai Rp 15.000. di sepanjang berjalanan akan melewati keindahan bangunan kuno yang terdapat di beberapa titik jalan. Ketika pengunjung ingin membawa kamera, bisa membayar biaya izin sebesar Rp 2.000.

Fasilitas
Fasilitas yang menunjang kenyamanan pengunjung sudah cukup lengkap. Didalamnya sudah terdapat tempat parkir, toilet, pemandu wisata dan toko cinderamata. Untuk penginapan dan tempat makan, pengunjung bisa mencari di area sekitar taan sari. Mengingat lokasinya berada di pusat kota, maka sangat udah untuk mendapatkannya.

https://www.nativeindonesia.com/taman-sari-Jogja/
https://anekatempatwisata.com/wisata-Jogja-istana-air-taman-sari/
https://jejakpiknik.com/taman-sari-Jogja/

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *