Kami siap melayani dengan protokol kesehatan

MENYAKSIKAN KEMEGAHAN MERAPI DENGAN MERAPI LAVA TOUR

Menyaksikan Kemegahan Merapi Dengan Merapi Lava Tour

Gunung Merapi, siapa yang tak kenal dengan gunung satu ini? Bahkan sepertinya Gunung Merapi merupakan salah satu gunung yang paling terkenal di Indonesia. Tidak hanya karena keindahan alam dan kemegahannya, namun juga karena seringnya gunung ini memuntahkan material vulkanik dari kawahnya. Walaupun begitu, Merapi tetap menjadi daya tarik wisata favorit para wisatawan ketika berkunjung ke Yogyakarta.
Sejak letusan dahsyat tahun 2010 silam, kemegahan dan kepopuleran Gunung Merapi seakan kian meningkat. Tidak mau berlarut dalam kesedihan, masyarakat di sekitar Merapi pun segera bangkit dan mengubah hal tersebut menjadi sesuatu yang unik dan bermanfaat. Yup, apalagi jika bukan paket wisata Merapi Lava Tour!
Merapi Lava Tour menjadi salah satu tour yang paling banyak diminati oleh para wisatawan. Karena selain wisatawan bisa berwisata sambil menaiki jeep di sekitar kawasan kaki gunung Merapi, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa lokasi yang dianggap memiliki kenangan mendalam dan menjadi saksi bisu dari dahsyatnya letusan Merapi kala itu. Museum Sisa Hartaku menjadi lokasi pemberhentian favorit para wisatawan. Karena di tempat itu wisatawan bisa melihat sisa-sisa erupsi Gunung Merapi yang meluluhlantakkan satu desa, mulai dari kerangka hewan, kerangka sepeda motor, sisa pakaian, peralatan makan, hingga jam dinding yang berhenti tepat di pukul 00.05 dimana kejadian memilukan tersebut berlangsung.
Pemberhentian utama berikutnya yaitu Bunker Kaliadem, dimana sebelumnya wilayah di sekitar bunker ini sangat asri namun sekarang telah rata dengan tanah. Di bunker ini merupakan area yang paling tepat untuk menyaksikan gagahnya Merapi dan seakan menjadi tempat yang tepat untuk mengilas balik kejadian betapa ngerinya Merapi kala itu.
Bagi wisatawan pecinta sunrise, alangkah baiknya mempersiapkan diri dan menentukan paket wisata tour khusus sunrise. Jangan khawatir, karena selain sunrise di pagi hari yang tampak sangat cantik, wisatawan juga bisa melihat keindahan dan guratan Merapi yang akan nampak jelas di pagi hari. Jika ingin menikmati paket ini, anda diwajibkan untuk bangun lebih awal agar tidak didahului oleh matahari.
Bagi para pecinta liburan yang menantang adrenalin nampaknya Merapi Lava Tour ini wajib masuk dalam list berlibur anda. Karena selain jalur yag terjal dan berbatu, kita bisa melewati Kali Kuning dan bersiap untuk basah kuyup karena cipratan air dari arah samping jeep. Dengan semua keseruan yang bisa kita nikmati selama kurang lebih 2,5 jam, wisatawan bisa merogoh kocek sebesar Rp 350.000 hingga Rp 600.000 untuk satu jeep berisi 4 orang tergantung banyaknya rute pemberhentian yang ditawarkan dalam paket Merapi Lava Tour.
Fasilitas :
Masker
Helm
Asuransi
Lokasi dan Rute :
Starting point paket Lava Tour Merapi ini ada dua, pertama di Terminal Tlogo Putri, Kaliurang dan yang kedua di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo. Dari Yogyakarta bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi salam 30 – 45 menit menyusuri Jalan Kaliurang ke utara.
Harga dan Rute Lava Tour Merapi (via Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo)
Short Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 1 hingga 1,5 jam dengan tarif Rp 400.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem.
Medium Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 2 jam dengan tarif Rp 450.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan.
Opsi kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Taman Nasional Plunyon.
Opsi ketiga: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Kali Kuning (spot air).
Long Trip Lava Tour Merapi
Durasi sekitar 2 hingga 2.5 jam dengan tarif Rp 550.000.
Opsi pertama: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Makam Mbah Marijan – Buit Glagah Sari, Klangon.
Opsi kedua: Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Mini Museum Sisa Hartaku – Batu Alien – Bunker Kaliadem – Kali Kuning (spot air).
Sunrise Trip Lava Tour Merapi
Trip dimulai pukul 04.30 WIB, durasi sekitar 2.5 jam dengan tarif Rp 450.000.
Start di Dusun Ngrangkah, Desa Pangukrejo, Kecamatan Umbulharjo – Bukit Kaliadem – Batu Alien – Mini Museum Sisa Hartaku

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *