Kami siap melayani dengan protokol kesehatan

TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT TRAVELING

TIPS MENJAGA KESEHATAN SAAT TRAVELING

Saat liburan, tentunya kita harus tetap menjaga kesehatan bukan? berikut tips-tips menjaga kesehatan yang bisa anda pakai selama liburan!

  1. Beristirahat saat kelelahan
    Dalam melakukan perjalanan wisata tentunya kita harus selalu dalam kondisi enjoy. Untuk mendapatkan perjalanan yang mengesankan, kita harus menyesuaikan jadwal liburan kita sesuai dengan kapasitas kemampuan kita. Jangan memaksakan diri harus berwisata ke banyak tempat. Jika sudah merasa lelah, lebih baik segera beristirahat. Karena jika kita memaksakan diri kita justru akan merusak liburan kita sendiri.
  2. Hindari begadang
    Untuk menjaga kesehatan kita selama traveling, kita juga membutuhkan tidur yang cukup. Hindari begadang dan pulang terlalu larut karena kita juga harus bisa menjaga kesehatan untuk perjalanan selanjutnya. Jika kita ingin memiliki perjalanan dan pengalaman yang lebih banyak, boleh saja. Namun pengalaman juga akan menarik ketika kita bisa menikmati dengan kondisi yang bugar.
  3. Mengkonsumsi vitamin
    Ketika kita melakukan perjalanan di luar kota, tentunya kita memerlukan adaptasi dengan lingkungan, termasuk dengan tubuh kita. Apalagi untuk kita yang merasa memiliki daya taha tubuh yang rendah, Kita bisa mengatasinya dengan mengkonsumsi Vitamin seperti vitamin c. Ukuran vitamin sangat kecil dan tidak akan memberatkan bawaan kita, malah akan menjaga daya tahan tubuh kita.
  4. Makan tepat waktu
    Untuk menjaga konsentrasi dan mood selama perjalanan liburan, tentunya kita harus menyempatkan waktu untuk mengisi energi tubuh kita. Sarapan bisa dikatakan sebagai amunisi pertama untuk memulai aktivitas. Jangan sampai kondisi badan lemas saat liburan hanya karna belum sarapan ya!
  5. Minum air putih
    Saat liburan tentunya aktivitas yang kita lakukan akan padat. Kita juga akan bergerak aktif selama liburan, oleh sebab itu tubuh kita memerlukan cairan yang cukup. Lebih dari 70% berat tubuh kita adalah cairan. Kita disarankan untuk meminum air putih sesering mungkin supaya tubuh kita tetap terhidrasi.
    Untuk traveller, lebih baik kalau kita membawa tumbler atau botol air minum untuk persediaan minum di perjalanan. Selain untuk menghindari lupa minum kita juga bisa berhemat dan cinta lingkungan.
  6. Membawa obat-obatan pribadi
    Kita semua pastinya ingin liburan kita berhasil tanpa ada kendala ya. Selain menjaga kesehatan dengan tips diatas, kita juga harus mewaspadai apabila memiliki gangguan kesehatan seperti asma, maag, atau lainnya. Kita bisa mempersiapkan obat-obatan yang kita perlukan dalam perlengkapan yang kita bawa.
    Mengingat bahwa P3K(Pertolongan Pertama) itu perlengkapan yang cukup penting saat liburan. Seperti Minyak Kayu Putih, plaster, Obat merah, kapas dan lainnya.
  7. Cuci tangan, selalu membawa handsanitizer, memakai masker, face shield dan hindari memegang wajah (new normal)
    Di era pandemi Covid-19 ini membuat kebiasaan kita berubah drastis. Kita harus selalu menerapkan protokol kesehatan yang sudah ditetapkan pemerintah untuk mencegah penyebaran Covid-19.
    Yang pertama adalah mencuci tangan sesering mungkin dan durasi minimal 20 detik. Cuci tangan sangat penting dilakukan karena untuk mencegah penularan virus lewat apa yang kita pegang. Yang kedua, kita harus membawa handsanitizer kemanapun kita pergi, karena apabila kita tidak menemukan sabun cuci tangan dan air bersih, kita bisa memakai handsanitizer untuk mengantisipasi penularan. Yang ketiga, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah memakai masker. Masker harus kita gunakan kemanapun kita pergi untuk mencegah penularan, mengingat bahwa penularan covid bisa melalui mulut, hidung dan mata. Untuk memaksimalkan perlindungan, alangkah lebih baik kita menggunakan Face Shield saat liburan. Dan yang terakhir kita sebaiknya menghindari memegang wajah karena belum 100% bersih ketika cuci tangan di tempat umum dan menggunakan handsanitizer.
    Selain kita melakukan pencegahan seperti diatas, kita sebaiknya menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter dan selalu mematuhi aturan protokol kesehatan di tempat wisata.
  8. Pilih makanan yang bersih
    Sebagai traveler, kita tentunya akan memilih makanan yang murah dan enak. Namun perlu dipahami bahwa kebersihan juga menjadi faktor yang penting. Kita sebagai konsumen harus pintar-pintar melihat apa yang kita makan sudah terjamin kebersihannya atau belum. Kita bisa melihat kebersihan restoran, kebersihan dapur apabila terlihat dan kita juga bisa menanyakan bahan-bahan yang terkandung di dalamnya kepada penjual. Jadi, tetap hati-hati saat wisata kuliner ya!
  9. Tetap aktif saat perjalanan
    Dalam perjalanan liburan tentunya kita harus semangat dan aktif melakukan aktivitas. Saat liburan kita juga harus tetap menjaga kebugaran. Karena pastinya kita tidak ingin ketika selesai liburan tubuh kita terasa lemas. Untuk menghindari hal tersebut, dalam satu hari kita bisa memilih satu kegiatan yang menantang untuk tetap aktif dan membuat tubuh berkeringat. Atau cobalah untuk tetap berolahraga selama traveling. Dengan itu, kesehatan tubuh kita akan tetap terjaga dan akan meningkatkan daya tahan tubuh saat liburan.
  10. Batasi kopi dan alkohol
    Kadar kalori dalam minuman manis dan alkohol cukup tinggi. Terlalu banyak kalori dalam tubuh akan membuat kita malas bergerak. Tidak mungkin apabila kita liburan dengan bermalas-malasan. Sebaiknya kita perlu mengganti minuman berasa dengan air putih. Seperti yang kita tahu, kopi dan minuman beralkohol dapat mempengaruhi kualitas tubuh kita, seperti dapat mengganggu waktu tidur hingga mengurangi daya tahan tubuh. Maka dari itu hindari kopi dan alkohol apabila ingin mendapatkan pengalaman yang tak terlupakan saat liburan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *