Kami siap melayani dengan protokol kesehatan

ZONA CANDI BOROBUDUR YANG MEMILIKI MAKNA TERSEMBUNYI

ZONA CANDI BOROBUDUR YANG MEMILIKI MAKNA TERSEMBUNYI

Pernahkah anda berkunjung ke Candi Borobudur? Jika pernah, pastinya anda tidak heran apabila tempat ini menjadi salah satu cagar budaya yang telah diakui secara resmi oleh UNESCO pada tahun 1991. Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang megah sekaligus peninggalan candi Budha terbesar di dunia. Berdasarkan prasasti Karangtengah, Candi ini diperkirakan dibangun oleh Raja Samaratungga dari Wangsa Syailendra dan baru diselesaikan oleh putrinya yakni Ratu Pramudawardhani, pada abad ke-9 atau pada tahun 780-840 M sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah. Candi ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles. Kemudian pada tahun 1835, area candi berhasil dibersihkan secara keseluruhan.
Secara keseluruhan, Candi Borobudur apabila diamati terbagi menjadi tiga zona atau tingkatan antara lain yakni Zona Kamadhatu (alam dunia yang terlihat dan sedang dialami oleh manusia sekarang) yang terdiri dari 160 relief yang menjelaskan Karmawibhangga Sutra, yaitu hukum sebab akibat. Menggambarkan mengenai sifat dan nafsu manusia, seperti merampok, membunuh, memperkosa, penyiksaan, dan fitnah. Zona Rupadhatu (alam peralihan dimana manusia telah dibebaskan dari urusan dunia) yang terdiri dari 1300 relief dan 328 patung Budha. Zona Arupadhatu (alam tertinggi, rumah Tuhan) yang terdiri dari tiga serambi berbentuk lingkaran mengarah ke kubah di bagian pusat atau stupa yang menggambarkan kebangkitan dari dunia. Pada bagian ini tidak ada ornamen maupun hiasan, yang berarti menggambarkan kemurnian tertinggi.
Tidak afdol rasanya bagi pecinta sejarah apabila tidak mengunjungi Candi Borobudur yang terletak di kawasan kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah ini. Dengan uang Rp 50.000 anda dapat menikmati indahnya bangunan peningggalan sejarah ini sekaligus melihat sunrise. Candi Borobudur sendiri beroperasi setiap hari pada pukul 06.00-17.00 WIB. Namun, apabila anda mengikuti paket sunrise, maka anda diperbolehkan masuk ke dalam pada pukul 17.00 WIB. Adapun fasilitas utama yang disediakan yakni musholla, toilet, tempat makan, dan pusat oleh-oleh. Selain itu fasilitas lainnya yang dapat dinikmati antara lain yakni, anda juga bisa menyewa sepeda sambil berkeliling candi, andong yang dapat dinaiki empat orang sekaligus, kereta kelinci yang menggemaskan dan cocok bagi anak kecil, dan yang terakhir ada taman wisata dekat candi yang luas dan cocok untuk beristirahat.
Kota besar terdekat dengan Borobudur dengan penerbangan internasional adalah Yogyakarta (dengan jarak 40 km dari Borobudur) dan Semarang (dengan jarak 90 km dari Borobudur). Kota terdekat lain Borobudur adalah Magelang dengan jarak 17 km yang memiliki rute bus langsung menuju ke Borobudur. Cara mudah pergi ke Candi Borobudur adalah dengan menyewa mobil, motor, atau bergabung dalam tour.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *