Tidak kalah dengan Cappadocia, Lombok menawarkan 3 wisata balon udara

Pulau Lombok di Nusa Tenggara Barat (NTB) kini menawarkan pengalaman wisata balon udara yang serupa. Seorang pengusaha asal Bandung, Jawa Barat, telah membuka tiga lokasi wisata balon udara di Pulau Lombok.

Pemilik Lombodocia Wisnurama menjelaskan bahwa mereka telah menghadirkan tiga tempat wisata balon udara di Pulau Lombok, yaitu di bekas Bandara Selaparang di Kota Mataram, Pantai Sire di Lombok Utara, dan Sembalun di Lombok Timur. Dengan adanya fasilitas wisata balon udara ini, para pengunjung dapat menikmati keindahan Pulau Lombok dari ketinggian sekitar 1.500 meter.

Pilot berasal dari Korea dan Indonesia

Menggunakan dua pilot berlisensi dari Korea dan Indonesia, Wisnurama mengungkapkan bahwa awalnya rencana wisata balon udara berlokasi di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Namun, karena kondisi cuaca di sana tidak mendukung, maka lokasi tersebut dipindahkan ke tiga lokasi saat ini.

Seperti yang sudah diketahui, wisata balon udara hanya dapat terbang dalam kondisi kecepatan angin di bawah 10 Knot.

Harga tiket yang worth it

Biaya tiket untuk pengalaman wisata balon udara adalah sejumlah Rp350 ribu per orang. Dalam setiap penerbangan, jumlah maksimal penumpang adalah lima orang, dengan durasi terbang selama 15 menit dan mencapai ketinggian sekitar 1.500 meter.

Mulai tanggal 10 September 2023, mereka telah mengadakan kerjasama dengan PT Angkasa Pura I untuk memanfaatkan Eks Bandara Selaparang sebagai tempat wisata balon udara. Wisnurama mencatat bahwa banyak wisatawan domestik, termasuk dari Papua, Maluku, Yogyakarta, dan Bekasi, yang datang ke sana untuk mencoba pengalaman wisata balon udara di Lombok.

Lombok sebagai tempat wisata

Wisnurama menjelaskan bahwa alasan pemilihan Lombok sebagai lokasi wisata balon udara adalah karena tren pertumbuhan pariwisata di Pulau Lombok. Dia menyebut bahwa saat ini Lombok sedang mengalami perkembangan yang pesat dengan munculnya berbagai acara balap internasional seperti MotoGP dan World Superbike (WSBK).

Menurutnya, sektor pariwisata di Lombok sekarang hampir sebanding dengan apa yang terjadi di Bali pada tahun 2002. Destinasi pariwisata yang sangat populer di Pulau Lombok saat ini termasuk Mandalika dan Gili Trawangan. Selain itu, dia mencatat bahwa wisata balon udara di Sembalun, Lombok Timur, juga menarik perhatian, tetapi seringkali terkendala oleh cuaca yang tidak mendukung.

Share: