Jenis-Jenis Tiket Event, Mana Yang Cocok Buat Event-mu?

Siapa yang tidak suka dengan kata “Sold Out” pada acara? Kata “Sold Out” bisa meningkatkan nilai dari acara Anda, karena itu menunjukkan minat yang tinggi terhadap acara tersebut.

Berikut ini adalah 6 jenis tiket yang biasanya dibuat oleh pencipta acara.

1. Reguler

Tiket reguler adalah jenis tiket yang paling umum. Ini adalah tiket masuk ke acara tanpa tambahan apa pun. Tiket reguler biasanya dijual lebih awal dan merupakan salah satu jenis tiket paling standar yang tersedia untuk sebuah acara.

2. Multi-Day Pass

Jika acara Anda berlangsung selama beberapa hari, Anda dapat menawarkan tiket multi-day pass yang memungkinkan peserta masuk ke acara selama beberapa hari sekaligus. Jenis tiket ini mudah dikelola dari segi logistik, sehingga Anda tidak perlu khawatir tentang perbedaan variabel yang berbeda.

3. One-Day Pass

Jika acara Anda memiliki beberapa sesi dalam sehari, Anda dapat menggunakan tiket satu hari untuk memperluas strategi penjualan tiket. Dengan tiket satu hari, peserta dapat menghadiri acara Anda selama satu hari penuh. Misalnya, jika acara Anda memiliki dua sesi berbeda pada satu hari, Anda dapat menawarkan tiket satu hari dengan harga yang lebih terjangkau untuk menguntungkan peserta Anda.

4. VIP

Tiket VIP memungkinkan Anda memberikan pengalaman khusus kepada peserta dengan imbalan istimewa sesuai dengan harganya. Jika Anda memiliki sumber daya untuk menyediakan pengalaman ini, tiket VIP adalah jenis tiket yang penting untuk meningkatkan profit setelah tiket standar.

5. Early Bird

Strategi penjualan tiket early bird sering digunakan untuk memberikan diskon maksimal kepada peserta selama periode pre-sale yang telah ditentukan. Anda dapat memutuskan durasi periode pre-sale dan besarnya diskon yang ingin Anda tawarkan kepada peserta acara.

6. On The Spot

Terlepas dari seberapa hebat strategi pemasaran Anda, selalu ada calon peserta yang memutuskan untuk membeli tiket di detik terakhir. Untuk menangkap penjualan ekstra pada hari acara, Anda dapat menyediakan tiket di tempat acara.

Ketika memilih jenis tiket dan strategi promosi yang paling cocok untuk acara Anda, pastikan untuk menentukan platform penjualan tiket yang paling sesuai untuk mendistribusikan acara Anda. Hal ini akan membantu tiket Anda terjual dengan lebih baik.

Share: